Jika Kalijodo Direlokasi, Akan Terbang Kemana Lagi Kupu-Kupu Itu?

foto http://www.lintas.me/go/bolanews.com/pekerja-seks-komersial-di-brasil-sambut-piala-dunia-dengan-les-bahasa-inggris



Cahaya Matahari siang memantul di hamparan air Kanal Banjir Barat (KBB), Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Warnanya putih menyilaukan. Sejak Jumat (28/2) pagi sampai siang cuaca Jakarta memang cerah.

Sementara itu, di sisi timur BKB, jalan inspeksi di sana pada siang itu masih lenggang. Meski sebagian wisma di sana sudah membuka layanan, tapi tidak banyak pelanggan yang datang. Kedai, warung dan cafe yang berjejer sepanjang ratusan meter juga tampak sepi. Hanya terlihat beberapa wanita keluar-masuk dengan membawa bungkusan makanan.

Hari berangsur senja. Pantulan sinar Matahari di atas air BKB berubah warna menjadi kemerahan. Seiring itu, suasana di lokasisasi Kalijodo mulai ramai. Perempuan penjaja kenikmatan mulai keluar dengan dandanan yang menor dan tentu saja dengan busana yang menantang. Pada jam tersebut, bagi mereka saat yang tepat memulai mencari nafkah.

Menyusuri Kalijodo sepanjang kurang lebih satu kilometer, perempuan-perempuan itu tampak duduk berkumpul di depan wisma. Ada juga yang berdiri. Sebagian asik mengobrol. Sebagian lagi asik memainkan ponsel mereka. Ada juga yang duduk melamun, entah memikirkan apa.

Pengunjung tempat pelacuran yang sudah melegenda itu juga semakin bertambah saat sore menjelang. Ini kesempatan bagi para Pekerja Seks Komersial (PSK) untuk tebar pesona. Masing-masing melemparkan senyum paling manis kepada pengendara yang melintas. Ada juga yang lebih berani, dengan mencegat pengendara selanjutnya mereka memberikan tawaran menjanjikan bahwa mereka bisa memuaskan para lelaki yang hendak menyalurkan birahi seksualnya.

"Sini, mas, rasain deh 'jepitan' saya. Dijamin nggak bisa tidur semalaman," seorang dari mereka berpromosi seperti itu. Beberapa hidung belang melayani obrolan, tapi banyak juga yang tetap berlalu mencari kupu-kupu idaman lain.

Sore menjadi malam. Geliat kehidupan malam Kalijodo mulai terasa. Para PSK semakin banyak yang keluar. Selain di depan wisma, mereka juga mencari pelanggan di warung remang-remang, bar, kafe-kafe yang bertebaran di sana.  Usia mereka bervariasi antara 15-50 Tahun. Di saat yang sama, dendang musik dangdut di warung remang-remang atau cafe mulai meramaikan tempat tersebut.

Saya melihat adanya persaingan yang tidak seimbang antara PSK muda dengan yang berusia relatif tua. Kecantikan juga tampaknya berpengaruh terhadap penghasilan para PSK di sana. Bagi yang muda dan cantik, mereka tidak begitu sulit mendapatkan pelanggan. Bermodal pakaian seksi, dandanan menor dan sedikit senyum genit, maka kumbang-kumbang akan mendekat.

Sementara itu, bagi PSK tua, berwajah pas-pasan atau PSK yang memiliki badan tidak proporsional, gemuk misalnya, mereka akan berjuang keras untuk menggaet pelanggan. Berbagai macam cara mereka lakukan, agar ia bisa mendulang penghasilan.

Ada barang, ada harga

"Rp150 ribu saja, mas. Santai kok mainnya, nggak terburu-buru," kata SN, PSK yang mengaku berusia 24 tahun ketika menawarkan diri kepada saya. Meski berkulit agak gelap, SN terbilang cantik dibanding para PSK lainnya. Dalam memberikan tawaran, ia mencoba ramah. Tetapi dalam beberapa kesempatan pembicaraan, ucapannya berubah menjadi kasar dan congak.

Pengamatan saya, sebagian besar dari para PSK ini tinggal di lokalisasi dengan pengawasan ketat para mami atau bos mereka. Tidak mudah untuk sekadar mencandai, mempermainkan atau berulah dengan para PSK, karena banyak mata pria pengaman di sana yang terus mengawasi.

Seperti halnya SN. Dia harus ekstra patuh terhadap induk semangnya. "Ya bagaimana lagi, kita di sini kan dilindungi mereka, jadi mending patuh saja pada peraturan," kata perempuan asal Purbalingga, Jateng. Melanggar peraturan, kata SN, berarti menantang maut atau mencari gara-gara yang akan berakibat fatal hingga sangat fatal.

Terpaksa

Tarif para PSK di Kalijodo, Rp100-200 ribu, membuat kawasan itu menjadi daya tarik bagi para hidung belang dengan modal pas-pasan. Pelanggannya, dari kuli bangunan, nelayan dan pekerja informal lainnya. Tapi kata SN adapula pelanggan yang mengaku sebagai pegawai pemerintahan. Tapi jangan salah, meski bertarif murah, banyak PSK yang berpenghasilan Rp7-10 juta perbulan.

Seperti SN, misalnya. Sehari ia mengaku bisa melayani 4-5 pelanggan. Dengan tarif Rp150 ribu sekali kencan, ia bisa mengantongi pendapatan bersih sekitar Rp400-500 ribu sehari. Itu kalau sedang ramai.

"Kan kita juga harus setoran sama mami atau bos kita. Biasanya dari tarif Rp150 ribu, kita hanya menerima Rp100 ribu. Itu sudah termasuk fasilitas kamar yang diberikan kepada kita," katanya.

SN mengaku apa yang dialaminya lebih mending ketimbang nasib rekan-rekannya sesama PSK yang menghuni wisma lain. "Kalau di wisma lain malah ada yang hanya menerima Rp70 ribu saja. Sisanya dipotong untuk mami dan calo," katanya.

Beberapa alasan dikemukakan SN hingga akhirnya ia terjerembab di dunia prostitusi. Salah satunya adalah sebuah alasan klasik, yakni terdesak kebutuhan ekonomi.

Ia mengatakan, semenjak bercerai dengan suaminya dua tahun lalu, ia banyak menanggung hutang. "Saya pas cerai hutang ke bank puluhan juta. Waktu itu saya stres sehingga saya minggat ke Kalimantan. Sisa uangnya saya kasih ibu saya untuk mengurus dua anak saya di kampung," katanya.

Sepulang dari Kalimantan, SN memutuskan untuk bekerja di Jakarta sebagai pembantu rumah tangga. Ia sempat bekerja di beberapa majikan di daerah Kapuk, Kalideres dan Tangerang. Tetapi, ia merasa penghasilannya sebagai PRT tidak cukup untuk membayar angsuran bank.

"Ada teman saya yang nawarin kerja di sini. Dia bilang, kalau saya seminggu kerja begini (jadi PSK) nggak dapet uang Rp3 juta, dia berani diiris lidahnya. Pas saya jalanin, ternyata benar. Baru seminggu saya di sini, saya sudah dapat Rp3 juta lebih," kata SN dengan raut lugu.

Suka duka banyak dialami SN selama menjalani profesi itu. "Ya siapa juga yang mau kerja begini sih, mas. Kalau ditanya, ya seneng tidak seneng," kata SN dengan logat jawa ngapak yang kental.

SN mengaku sering diliputi kegelisahan dan rasa penyesalan. Apalagi, tidak ada satupun orang rumahnya yang tahu dia bekerja menjadi seorang PSK. "Keluarga saya tahunya saya bekerja sebagai pembantu. Ah biarlah, yang penting saya bisa rutin mengirimkan uang ke rumah," kata SN sambil menghalau rambut panjang yang menutupi sebagian wajahnya.

Meski kerap dilanda kegalauan, tetapi SN berusaha untuk tidak menghiraukannya. Pikiran terhadap kedua anaknya di kampung yang memerlukan biaya hidup, membuat SN selalu bersemangat mengumpulkan pundi-pundi uang dengan cara menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

"Sekarang saya mulai ngumpulin duit. Sudah bisa kredit motor di kampung. Kalau nanti uangnya sudah banyak, ya saya berhenti, mau jadi pembantu saja, atau syukur-syukur bisa dapat suami lagi," katanya.

SN juga mengungkapkan, rata-rata PSK yang beroperasi di Lokasisasi Kalijodo berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. "Ada yang dari Indramayu, Cirebon, Purbalingga dan kota lain di Jawa. Tapi ada juga yang dari Lampung,"katanya. Sementara, dari ratusan PSK di sana, sebagian merupakan PSK pindahan dari lokalisasi Kramat Tunggak, Koja, yang telah ditutup beberapa waktu lalu.

Sudah tahu pemerintah DKI Jakarta akan menutup tempat prostitusi Kalijodo? Perempuan berwajah langsing itu kaget mendapat pertanyan itu. "Ya saya tidak tahu. Kalau saya ya ikut saja, orang saya di sini juga bekerja. Nanti saya bisa balik jadi pembantu lagi juga nggak papa," katanya.

Praktik prostitusi yang terjadi di kawasan Kalijodo merupakan potret nyata kehidupan kaum urban yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan formal di Jakarta. Bermodal pendidikan rendah, mereka datang ke Jakarta mengadu nasib. Kata SN, mayoritas teman-temannya tidak punya niat menjadi PSK ketika merantau ke Jakarta. "Biasanya mereka bekerja sebagai pembantu atau di toko-toko. Kemudian ada yang nawarin dan mereka tergiur," kata SN.

Pada 1998 lokalisasi tersebut pernah digusur oleh Gubernur Sutiyoso. Beberapa germo terusir dengan ganti rugi uang. Namun hingga kini, kawasan itu kembali ramai bahkan menjadi lokalisasi terbesar di Jakarta.

Jika lokasisasi itu benar-benar ditutup, hendak terbang ke mana para kupu-kupu malam di sana? (Fha)

Label:
5 Responses
  1. Blogger Says:

    SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUN PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTANG SANA HUTANG SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333







    SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUN PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTANG SANA HUTANG SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333








    SAYA PAK HASAM DARI PULAU NIAS INGIN BERBAGI SAMA ANDA SEMUA DENGAN CARA MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU BISA LEGA KARNA BERKAT BANTUAN DARI BELIAU HUTANG SAYA YANG RATUSAN JUTA TERLUNASKAN,DAN SEKARANG SAYA SUDAH SUKSES KARNA SAYA MENGIKUTI PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR DAN TERYATA ITU BETUL BETUL TERBUKTI,AWALNYA SAYA RAGU KARNA SAYA SUDAH DI TIPU 5 X DARI DUKUN PALSU YANG KATANYA BISA MENBANTU MALAHAN MENBUAT SAYA HUTANG SANA HUTANG SINI KARNA PERMINTAN MAHAR YANG TIADA HENTINYA,TAPI DALAM HATI KECIL SAYA TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA SAYA BEGABUNG DENGAN KIYAI KANJENG DIMAS DENGAN CARA MENBAYAR SHAKAT TERLEBIH DAHULUH AHIRNYA SAYA DAPAT 10 MILYAR CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA INI SERIUS BUKAN REKAYASA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI HUB KIYAI KANJENG DI 085-320-279-333


  2. Pasak Bumi Says:

    Ya inilah kehidupan nyata dunia, saatnya berjaya karena dibeking aparat dan preman sakti tapi saatnya pula hancur karena aparat juga sedang ingin menaikan Citranya... Semoga saja niatnya tulus untuk memperbaiki akhlak masyarakat, harusnya ormas seperti FPI dll mendukung paling depan rencana ahok hmmmmm wallahualam bi sawab



  3. Anonim Says:

    Jual Obat Bius http://jualobatbiuskotasemarang.blogspot.co.id/
    Obat Bius Cair Liquid Sex
    Obat Bius Trivam Propofol
    Obat Bius Sleeping Beauty
    Obat Bius Hirup Chloroform
    Obat Bius Semprot Chlorophyll
    Fast Respon Call/Sms : 081226129800
    BBM CHAT Pin : 5891AF43
    Website : www.liquidsex.us
    Obat Bius Reaksi Cepat
    Aman Tanpa Efek Samping
    Pingsan Dalam Beberapa Menit

    Tentang Kami
    KLIK DISINI WEBSITE KAMI www.liquidsex.us Kami paham bahwa Anda memiliki banyak pilihan lain diluar sana, jadi ijinkanlah kami untuk terlebih dahulu mengucapkan terima kasih karena telah mempercayakan pilihan Anda pada kami. Kami selalu berusaha untuk memenuhi semua keinginan Anda, dimulai dari memberikan pelayanan istimewa untuk Anda, memberikan rekomendasi produk yang terbaik dan memastikan Anda memiliki pengalaman belanja yang nyaman dan mudah


  4. bendahujat Says:

    SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

    Bagi anda para pemula dari usia remaja dan juga usia lanjut,saat ini bisa secara aman bermain dalam situs perjudian secara online (internet).Semua bisa dilakukan dengan jenis-jenis handphone android yang telah banyak dijual saat ini.Caranya juga mudah dan sangat bisa dipercaya juga situsnya dan telah memiliki banyak member yang setia bermain di situs kami tentunya.

    Situs kami ini telah hadir untuk waktu yang cukup lama sekali.

    Untuk semua Promo,Bonus,Discount dan juga jumlah pembayaran akan tertera langsung saat anda pertama kali mengunjungi situs Judi Togel Online kami.Karena,situs yang Aman dan Jujur dalam pembayaran tidak memberikan Informasi kepada Orang Lain selain ke Pelanggannya sendiri.

    Untuk lebih jelasnya lagi,segera saja daftarkan diri ke www.luckywin99.com untuk keterangan lebih jelasnya.Tidak perlu langsung deposit dahulu di situs kami.Anda mulai saja dengan mengunjungi situs kami dan anda bisa lihat sendiri promo apa saja yang kami miliki,serta setiap saat ada angka keluaran jitu yang kami berikan agar pelanggan setia kami bisa tetap bermain bersama kami.

    Di sana juga anda bisa menghubungi customer service kami untuk informasi lain yang belum anda mengerti.Mulai dari BBM,LINE,WHATSAPP,FACEBOOK,dan lainnya.Anda tinggal bertanya kepada Customer Service (CS) kami untuk informasi yang kurang anda pahami.Kami akan melayani anda dengan sepenuh hati dan juga dengan ramah tamah.

    Jadi,silahkan Segera Daftar di situs kami ini,dan semoga semua bisa mendapatkan keuntungan bermain bersama kami.
    Terima kasih,salam manajemen www.luckywin99.com.

    Kejujuran adalah Prioritas Utama kami dalam hal pembayaran tanpa adanya kekurangan satu sen juga.


Posting Komentar

terimakasih atas atensinya...

Powered By Blogger

  • Foto saya
    DKI Jakarta
    Wartawan di harian Warta Kota, Kompas Gramedia. Follow @FeryantoHadi

    Total Tayangan Halaman

    Pengikut Blog


    waktu jualah yang akan menghentikan pengembaraan singkat ini